Peaberry si Kopi Lanang Berbiji Tunggal yang Langka


Selama ini, yang sering kita dapati , biji kopi adalah berbiji dua tiap butirnya. Dengan memetik satu buah biji kopi, kita akanmendapat dua buah green bean yang berbentuk setengah bola lonjong. Namun ternyata ada beberapa biji kopi yang “diluar kebiasaan” yaitu dari satu biji kopi hanya terdapat satu green bean.

Biji “yang tidak biasa” ini sering disebut Peaberry Coffee. Namun di Dataran Tinggi Gayo Aceh Tengah biji kopi jenis ini dinamakan Kopi Rawan atau Kopi Lanang. Memang belum banyak yang tahu tentang biji kopi yang terbentuk oleh proses anomali pembuahan ini. Biji tunggal yang bersifat infertil ini hanya bisa ditemukan maksimal 5% dari seluruh biji kopi yang dipanen dari kopi jenis arabika ini.

Para pencinta kopi yang merasakan nikmatnya minum kopi tanpa harus merasakan plak di bagian tenggorokan, akan segera memilih biji kopi Peaberry. Kopi berbiji tunggal yang memiliki aroma kuat dan aroma lebih asam, dinyakini memberi khasiat menambah energi dan vitalitas peminumnya. Harganya memang lebih mahal dari kopi berbiji ganda yang biasa karena proses pengumpulannya yang sulit. Harganya hampir dua kali lipat dari biji kopi biasa.

Kopi lanang atau Peaberry Coffee merupakan jenis kopi berbiji tunggal yang berbeda dengan jenis kopi lain yang berbiji jamak (terbelah dua). Untuk mendapatkan kopi ini, kamu perlu menyortir banyak kopi jenis robusta karena jumlahnya yang memang sedikit. Dari 50 kilogram biji kopi, kamu hanya akan mendapatkan sekitar 800 gram biji kopi tunggal ini (sekitar 5% dari kopi berbiji jamak).

Rasanya lebih nikmat dan lebih gurih. Kopi hasil seduhan juga terlihat lebih jernih namun tidak pahit seperti kopi berbiji jamak.  Kopi ini populer seteah kopi luwak boooming dipasaran. Peaberry dari Indonesia mendamping perjalanan kopi luwak Indonesia di luar negeri. Walau tidak terkenal seperti kopi luwak, namun pecinta kopi lanang (bahasa jawa : pria) akan lebih memilih kopi yang bercitarasa khas ini.  Salah satu contoh adalah Bapak Irwandi Yusuf, manta Gubernur Aceh yang hanya meminum kopi jenis ini. Sering sekali beliau memborong kopi hingga butir terakhir walau harganya jauh diatas harga kopi arabika biasa.

Sebagai informasi tambahan, kopi mahal yang  dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan vitalitas kaum Adam dalam hal seksualitas ini pernah dianggap sebagai “produk gagal” dari pohon kopi dan akan dibuang begitu saja.

Seperti apa itu? Silakan teguk secangkir seduhan Peaberry Coffee hasil tanah Indonesia dan nikmati sensasinya.

11 comments:

  1. Kayaa.a nikmaaat gaan ,,,
    Aplgi jenis arbicaa rsa.a psti nikmaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya.. rasanya nikmat ... ada sesuatu cira rasa yang berbeda ... Matur suwun sudah mampir ... :D

      Delete
  2. Kayaa.a nikmaaat gaan ,,,
    Aplgi jenis arbicaa rsa.a psti nikmaat

    ReplyDelete
  3. hmm, baru tau sih....
    tapi, kayaknya oke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja mas. Makasih sudah mampir ... heheheheehe ... :D

      Delete
  4. Keren nih, bisa buat materi nyerpen. Makasih Mas infonya..
    Masnya asli Aceh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan, semoga bermanfaat utk cerpen. Saya asli Semarang mbak, hehehe

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Mau kopi nikmat asli arabika, juga ada peaberry boleh datang ke kedai 212 arabika kupi, jln malikul saleh no 60A-60B lhong Raya,pasti nikmat harga juga pasti terjangkau

    ReplyDelete