20 Hal yang Anda Tidak Tahu Tentang Kopi


  1. Pada awalnya minuman kopi mulai dikenal berasal dari daerah Oromo di  Ethiopia  yang ada di benua Afrika. Dikenal pertama digunakan oleh suku nomaden disana. Pada awalnya minuman kopi dibuat dengan mencampur bubuk dan lemak hewan.
  2. Sekitar tahun 1000 Masehi, pedagang Arab membawa biji kopi pulang dari Afrika dan mulai mendidih ke dalam minuman yang kemudian mereka disebut Qahwa. Kata Qahwa berarti “yang bisa mencegah tidur”.
  3. Minuman kopi mulai terkenal pada tahun tahun 1930-an, ketika dokter Jerman Max Gerson mulai mempromosikan bahwa minum kopi setiap hari bisa bermanfaat untuk  detoksifikasi hati, merangsang metabolisme, dan menyembuhkan kanker.
  4. Baru-baru ini, Pangeran Charles telah meracau tentang enema kopi, dan Amazon.com menjual kit DIY.
  5. The National Cancer Institute mengatakan klaim Gerson ini tidak benar 100%, dan American Cancer Society memperingatkan bahwa terkontaminasi peralatan kopi enema dapatbmenyebabkan penyakit dan kematian.
  6. Pada tahun 2011, Harvard School of Public Health melaporkan bahwa dalam studi selama 22 tahun yang dilakukan pada hampir 48.000 orang, mereka yang minum enam cangkir atau lebih setiap hari sekitar 60 persen terhindar dari kanker prostat.
  7. Sebuah studi 2008 di Universitas Lund Swedia menunjukkan bahwa minum kopi menurunkan resiko kanker payudara, setidaknya bagi wanita yang memiliki varian yang relatif umum dari CYP1A2 gen, yang membantu untuk metabolisme estrogen dan kopi.
  8. Tapi apa yang benar-benar menarik perhatian publik tahun itu ukuran cup. Tim Swedia yang sama menemukan korelasi antara perempuan dengan variasi genetik yang minum tiga atau lebih cangkir kopi sehari dan payudara yang lebih kecil.
  9. Pada tahun 2009, psikolog dari Inggris Durham University mengamati bahwa siswa yang minum tiga cangkir sehari tiga kali lebih mungkin untuk mendengar suara-suara dan memiliki badan sehat.
  10. Bach menyuarakan cintanya kopi dengan sebuah kantata Dengan libretto oleh Christian Friedrich Henrici, yang pertama dilakukan di Leipzig, Jerman, antara 1732 dan 1735.
  11. Amerika, juga, bermazmur kopi. Menurut penelitian Harvard, Amerika menghabiskan $ 40.000.000.000 (empat puluh milyar dollar Amerika) untuk membeli kopi setiap tahunnya.
  12. Dunia mengkonsumsi lurang lebih  1,6 miliar cangkir kopi setiap harinya. 
  13. Sebuah fenomena global, grande (atau sedang) 16 ons kopi di Starbucks mengandung kafein setara 9,5 kaleng Coke.
  14. Dibutuhkan sekitar 4.700 ons, atau 37 galon, air untuk membuat hanya satu cangkir kopi jika Anda memperhitungkan jumlah air untuk sebuah biji kopi berkembang jadi pohon kopi yang berbuah dan kopi siap dihidangkan.
  15. Para peneliti dari Royal Botanic Gardens, London memperingatkan bahwa hutan dataran tinggi di Ethiopia dan Sudan Selatan, di mana kopi yang paling liar tumbuh, menghilang dari puncak gunung hangat. 
  16. Pada tahun 2080, ekosistem kopi di Ethiopia akan hilang/ habis. Ini memprihatinkan, tapi bukan akhir dari kopi. 
  17. Hampir 70 persen dari kopi yang kita minum hari ini berasal dari cabang dari Arabika liar, atau arabika-spesies kopi Coffe yang menyimpan sebagian besar informasi genetik.
  18. Coffe Charrieriana, ditemukan di Kamerun, adalah satu-satunya yang dikenal kopi tanpa kafein alami.
  19. Coffee cherries adalah camilan favorit gajah, kopi ini didapat dari kotoran mereka. Halus dan memiliki cita rasa karamel. Kopi dari kotoran gajah ini dijual seharga $ 500 per pon.
  20. Pada tahun 2009 peneliti di Tel Aviv University menemukan bahwa menambahkan kopi untuk hidangan menghambat pertumbuhan bakteri pada air liur yang menyebabkan halitosis. 

4 comments:

  1. Makasih infonya bang, ternyata kopi bermanfaat juga hehe

    Kunjungi juga blog saya & komen bang http://adf.ly/1Jhf5Q

    ReplyDelete
  2. Kayanya kopi arabika sering banget denger hehe.



    http://ipehalena.tumblr.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa jenis ternyata. Arabika dan Robusta adalah yang paling terkenal .

      Delete