10 Buku Paling Langka dan Paling Dicari di Dunia versi 2

Edisi pertama Don Quixote
Buku ini menceritakan kehidupan Hidalgo. Buku ini dapat ditemukan di toko buku manapun diseluruh dunia. Dan terjemahan baru keluar setiap 20 tahun sekali atau lebih. Tapi edisi pertama buku, dari 1605, tidak begitu mudah didapatkan akhir akhir ini. Terakhir kali buku terbitan pertama yang asli Don Quixote berpindah tangan  pada tahun 1989. Yang menjadi istimewa adalah harganya yang sebesar $ 1,5 juta. Uangnya yang tidak sedikit.


Geographia Cosmographia karya Ptolemy
Ptolemy adalah salah satu pemikir paling berpengaruh sepanjang masa, dan Geographia Cosmographia adalah masterpiece-nya. Atlas luas tersebut mencakup banyak peta yang terperinci dari dunia yang. Gulungan asli hilang suatu waktu. Tetapi Ptolemy membuat yang baru selama Periode Abad Pertengahan. Pada tahun 2006 cetakan Geographia Cosmographia tahun 1477 dijual sebesar $ 4 juta. Menurut  Ptolemy gagasan bahwa matahari hanya harus berputar di sekitar Bumi itu benar adanya. Hal itu disampaikan melalui buku ini sebagai model alam semesta geosentris yang akan dipercayai selama 1400 tahun setelah kematian Ptolemy.


"On the Revolutions of the Heavenly Spheres" karya Copernicus
Kesadaran bahwa matahari adalah pusat tata surya adalah argumantasi pergeseran paradigma terbesar dalam sejarah. Ini mempengaruhi setiap institusi budaya, dari ilmu agama sampai dengan filsafat. Bahkan, itu adalah pergolakan besar. Astronom Polandia Nicolaus Copernicus, memilih untuk menunda penerbitan karyanya sampai saat kematiannya sehingga ia tidak akan harus berurusan dengan masalah penolakan masyarakat saat itu. Itu bijaksana, karena Copernicus setelah meninggal, dituduh sesat. Copernicus Giordano Bruno dan Galileo Galilei dituduh bidah, dan banyak ilmuwan harfiah mati karena model tata surya dari Copernicus. Sampai saat ini ada 260 eksemplar yang masih bertahan dan masing-masing senilai antara $ 1-2 juta. Kebanyakan dari buku-buku Copernicus ini telah aman di museum.


The Tales of Beedle the Bard
Dalam Harry Potter and the Deathly Hallows, Albus Dumbledore mewariskan salinan edisi pertama The Tales of Beedle the Bard untuk Hermione Granger. Buku ini digambarkan sebagai kumpulan populer cerita rakyat tentang penyihir, dan itu menjadi penting untuk plot petualangan Potter akhir. Sebagai hadiah tanda terima kasih untuk orang yang paling berjasa dalam keberhasilannya, Rowling memutuskan untuk menulis dan menggambarkan buku ini dalam kehidupan nyata. Dia menghasilkan 7 salinan buku ini. 6 eksemplar diberikan "orang-orang penting" yang membantunya dalam perjalanan karier Rowling, sementara dia menjual eksemplat ke 7 seharga $ 3.980.000, yang keseluruhan hasilnya disumbangkan untuk amal bagi anak- anak.


Folio Pertama Shakespeare
Ketika pekerjaan Shakespeare dikumpulkan dan diterbitkan untuk pertama kalinya pada tahun 1623, buku itu bernilai sekitar dua dolar. Hari ini, salinan asli dari folio pertama bernilai $ 6 juta. Ada sekitar 750 salinan folio yang dicetak dalam jangka pertama, dan hanya sekitar 228 dari jumlah itu yang tersisa sekarang. Jika  Bill Gates mendapat Gutenberg Bible, perlu dicatat bahwa pembelian terbaru dari folio pertama Shakespeare dilakukan Microsoft co-founder Paul Allen.



Sumber : www (dot) sparknotes (dot) com

2 comments: