Menikmati Aroma Khas Kopi Dari Flores Indonesia


Selain dari daerah Bali, ada pula daerah lain yang berada di timur Indonesia yang dikenal sebagai daerah penghasil kopi terbaik di nusantara. Daerah tersebut adalah Bajawa Flores Indonesia. Mungkin masih banyak orang yang belum mencoba nikmatnya kopi Bajawa ini, selain karena lokasinya yang jauh, kopi ini pun belum terlalu populer seperti kopi dari daerah lainnya.

Kita telah mengenai Flores sebagai daerah di timur Indonesia yang memiliki pemandangan alam mulai dari gunung hingga lautan yang cukup indah dan mendatangkan banyak wisatawan untuk datang dan berkunjung kesana.

Bila saja Flores telah dikenal karena keindahan alamnya, kali ini Flores juga memiliki koleksi kopi terbaik yang memiliki cita rasa tak kalah dengan kopi lainnya.

Nikmatnya kopi Bajawa
Kopi Bajawa Flores ini beradal dari daerah Ngada, yang menjadi salah satu kabupaten di daerah Flores. Disana terdapat perkebunan kopi yang berlokasi didataran tinggi. Tanahnya yang subur menjadikan kopi tumbuh dengan baik, apalagi didataran tinggi ini perkebunan kopi dikelilingi oleh pegunungan Flores yang masih aktif maupun yang sudah mati.

Tak heran jika kualitas kopi yang dihasilkan pun cukup enak dengan aroma khas dan berbeda dari kopi biasanya. Uniknya tanah yang digunakan untuk menanam kopi Flores ini memiliki kandungan andosols yang berasal dari abu gunung api sehingga menjadikan tanah sekitar perkebunan sangat subur dan menjadi tempat terbaik untuk menanam kopi.

Karena kualitas tanah dan udara yang cukup baik menjadi kopi Bajawa memiliki rasa yang sangat gurih dan enak. Kopi Bajawa ini diolah dengan proses penggilingan basah. Selain itu kopi Bajawa ini juga dikenal memiliki rasa seperti buah-buahan dan ada sedikit aroma tembakau didalamnya.

Mungkin inilah yang menjadikan kopi dari Flores ini berbeda dari kopi pada umumnya. Untuk mendapatkan kopi aroma khas ini Anda bisa mengunjungi daerah Flores, kemudian bisa langsung membelinya di kedai kopi. Nikmatilah rasa dan aroma kopi pilihan terbaik dari bumi pertiwi yang berasal dari timur Indonesia.

Tester Kopi Flores, dari seorang teman, masRezky

4 comments:

  1. sepertinya enak nih kopi flores... di sekitar jawa sini tak ada kah?hehehe


    www.kananta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya di cafe cafe disediakan jenis kopi ini

      Delete
  2. sepertinya enak nih ... monggo berkunjung kang ke Bondowoso nyicipi kopi luak bulan khas lereng raung

    ReplyDelete