Menjelajah Aroma Biji Kopi Yang Nikmat

Bagi para pecinta kopi, pasti sudah sangat mengenal beberapa jenis biji kopi yang ada, khususnya yang tumbuh di Indonesia. Tak heran jika banyak orang yang mengetahui dan memiliki favoritnya masing-masing.

Kopi memang tak bisa lepas dari kebiasaan para penggemarnya. Mereka selalu menghadirkan kopi sebagai teman ngobrol, teman saat sepi atau bahkan saat santai. Dalam kesempatan kali ini kami ingin membagikan informasi kepada Anda mengenai biji-biji kopi yang ada. Apa saja jenisnya dan apa pula perbedaannya ? Yuk simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Biji kopi
Ada 2 jenis biji kopi utama yang menjadi favorit bagi banyak orang. Dua jenis biji kopi ini kenikmatannya tidak tergantikan dan mereka adalah biji kopi arabika dan robusta. Dua jenis biji kopi ini pun memiliki penggemar dan juga karakter masing-masing. Ingin tahu apa perbedaannya ? Nah simak infonya dibawah ini yaa.

Biji kopi arabika
Kopi arabika disebut-sebut sebagai jenis biji kopi terbaik dengan cita rasa unggulan. Banyak kopi yang diproduksi dari beberapa belahan dunia ini menggunakan biji kopi arabika yang sudah terkenal paling enak. Tumbuhan kopi berjenis arabika ini tersebar di beberapa belahan negara seperti Afrika Timur, Indonesia, Amerika Latin, India, dan Afrika Tengah.

Menurut karakteristiknya, kopi arabika tumbuh didaerah yang memiliki kondisi iklim tropis maupun subtropis. Biasanya tumbuhan kopi ini hidup diketinggian sekitar 600 hingga 2000 mdpl. Jika memang lingkungan sangat mendukung pertumbuhan kopi arabika ini, pohonnya bisa tumbuh mencapai 3 meter. Suhu optimal yang dimiliki kopi jenis arabika ini sekitar 18 hingga 260C. Untuk bentuknya sendiri, biji kopi arabika kecil dan berwarna hijau atau merah gelap.

Biji kopi robusta
Sedangkan untuk jenis kopi robusta adalah biji kopi yang posisinya berada dibawah biji kopi arabika. Namun kopi ini tak kalah lezatnya. Rasa dari biji kopi robusta ini memang sedikit lebih pahit, kemudian terdapat rasa asam serta memiliki kandungan kafein lebih banyak.

Uniknya, kopi robusta ini lebih mudah hidup di beberapa tempat dibandingkan dengan kopi arabika yang mungkin hanya bisa tumbuh dibeberapa daerah saja. Kopi robusta lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit tumbuhan, apalagi kopi ini bisa tumbuh didaerah yang berada pada ketinggian 800 mdpl. Kopi robusta ini banyak terdapat didaerah Afrika dan Asia Tenggara.

Nah setelah mengetahui beberapa jenis kopi yang ada, nantikan pengetahuan lainnya mengenai kopi-kopi yang enak dan digemari banyak orang.

2 comments: